Upaya Berkelanjutan Peningkatan Mutu Dan Evaluasi Pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Pamulang melalui Audit Mutu Internal

Post By: Admin | 10 months ago|
AMI
Upaya Berkelanjutan Peningkatan Mutu Dan Evaluasi Pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Pamulang melalui Audit Mutu Internal

Selasa, 27 Agustus 2024 Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI). Kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis yang diambil oleh Universitas Pamulang untuk memastikan bahwa seluruh aspek pendidikan di program studi ini berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan terus mengalami peningkatan. Acara ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB di ruang 913, lantai 9, Gedung B, Kampus II Viktor, Universitas Pamulang.

Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) ini dihadiri oleh plt Plt. Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Yan Mitha Djaksana, S.Kom., M.Kom., dimana dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk dilakukan karena sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan di Fakultas Ilmu Komputer. Selaras dengan hal tersebut ketua program studi Sistem Informasi, Heri Haerudin S.Kom, M.Kom, beserta dengan dosen pengembang masing-masing bidang akan memberikan dukungan penuh terhadap proses audit yang dilakukan. Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) juga dihadiri oleh Perwakilan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Pamulang, Prasetyo Kurniawan, S.E., M.M. Sedangkan tim auditor yang bertugas dalam pelaksanaan AMI ini adalah Dr. Isnu Harjo Prayitno S.H. , M.H. dan Joko Tri Susilo S.T., M.T. Keduanya memimpin proses audit yang meliputi pemeriksaan dokumen yang telah diinputkan pada Aplikasi Sistem Audit Mutu Internal (SEMAR), mengadakan wawancara dengan pihak-pihak yang terlibat, serta melakukan observasi langsung di lapangan untuk memastikan bahwa seluruh proses berjalan sesuai dengan prosedur dan standar yang telah ditetapkan.

Audit Mutu Internal di Program Studi Sistem Informasi ini mencakup berbagai aspek penting, termasuk kurikulum, metode pengajaran, pencapaian akademik dan non-akademik mahasiswa, serta kinerja dosen. Selain itu, fasilitas pendukung dan program-program pengembangan mahasiswa, seperti program kreativitas mahasiswa (PKM) dan penelitian, juga menjadi fokus utama dalam audit ini.

Proses audit berlangsung dengan baik, mencakup berbagai kegiatan seperti penyusunan dan pelaporan daftar temuan, serta pengisian Formulir Permintaan Tindakan Koreksi (PTK). Setelah seluruh tahapan audit selesai, daftar temuan audit dan PTK diserahkan dan ditandatangani oleh pihak program studi sebagai langkah lanjut untuk perbaikan dan peningkatan mutu. Hasil dari Audit Mutu Internal ini akan disampaikan dalam rapat evaluasi di tingkat Universitas, di mana akan dibahas rekomendasi perbaikan yang diberikan oleh tim auditor. Rekomendasi-rekomendasi ini diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik oleh seluruh pihak di Program Studi Sistem Informasi, sehingga perbaikan dan pengembangan yang berkelanjutan dapat terus dilakukan.

Share on:
Popular Tags: