Upaya Berkelanjutan Peningkatan Mutu Dan Evaluasi Pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Pamulang melalui Audit Mutu Internal
Published on: 28 Agu 2024

Kegiatan, Akademik
Selasa, 27 Agustus 2024 Program Studi Sistem
Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan
Audit Mutu Internal (AMI). Kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis
yang diambil oleh Universitas Pamulang untuk memastikan bahwa seluruh aspek
pendidikan di program studi ini berjalan sesuai dengan standar yang telah
ditetapkan dan terus mengalami peningkatan. Acara ini berlangsung dari pukul
09.00 WIB di ruang 913, lantai 9, Gedung B, Kampus II Viktor, Universitas
Pamulang.
Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) ini dihadiri
oleh plt Plt. Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Yan Mitha Djaksana, S.Kom., M.Kom.,
dimana dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini penting untuk
dilakukan karena sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan di
Fakultas Ilmu Komputer. Selaras dengan hal tersebut ketua program studi Sistem
Informasi, Heri Haerudin S.Kom, M.Kom, beserta dengan dosen pengembang
masing-masing bidang akan memberikan dukungan penuh terhadap proses audit yang
dilakukan. Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) juga dihadiri oleh Perwakilan
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Pamulang, Prasetyo Kurniawan, S.E.,
M.M. Sedangkan tim auditor yang bertugas dalam pelaksanaan AMI ini adalah Dr.
Isnu Harjo Prayitno S.H. , M.H. dan Joko Tri Susilo S.T., M.T. Keduanya
memimpin proses audit yang meliputi pemeriksaan dokumen yang telah diinputkan
pada Aplikasi Sistem Audit Mutu Internal (SEMAR), mengadakan wawancara dengan
pihak-pihak yang terlibat, serta melakukan observasi langsung di lapangan untuk
memastikan bahwa seluruh proses berjalan sesuai dengan prosedur dan standar
yang telah ditetapkan.
Audit Mutu Internal di Program Studi Sistem
Informasi ini mencakup berbagai aspek penting, termasuk kurikulum, metode
pengajaran, pencapaian akademik dan non-akademik mahasiswa, serta kinerja
dosen. Selain itu, fasilitas pendukung dan program-program pengembangan
mahasiswa, seperti program kreativitas mahasiswa (PKM) dan penelitian, juga
menjadi fokus utama dalam audit ini.
Proses audit berlangsung dengan baik, mencakup
berbagai kegiatan seperti penyusunan dan pelaporan daftar temuan, serta
pengisian Formulir Permintaan Tindakan Koreksi (PTK). Setelah seluruh tahapan
audit selesai, daftar temuan audit dan PTK diserahkan dan ditandatangani oleh
pihak program studi sebagai langkah lanjut untuk perbaikan dan peningkatan
mutu. Hasil dari Audit Mutu Internal ini akan disampaikan dalam rapat evaluasi
di tingkat Universitas, di mana akan dibahas rekomendasi perbaikan yang diberikan
oleh tim auditor. Rekomendasi-rekomendasi ini diharapkan dapat
diimplementasikan dengan baik oleh seluruh pihak di Program Studi Sistem
Informasi, sehingga perbaikan dan pengembangan yang berkelanjutan dapat terus
dilakukan.